9 SEO Tools Gratis Ampuh untuk Riset Keyword

SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

Sebagai seorang webmaster tentu harus sadar akan pentingnya riset keyword sebelum menentukan sebuah judul artikel. Karena judul artikel yang SEO Friendly akan lebih baik daripada judul artikel yang dibuat sembarangan, serta pengunjung yang mencari di search engine pun akan lebih mudah menemukan artikel Anda.

Pada artikel sebelumnya, Admin telah berikan bagaimana Cara Riset Keyword dengan CPC Tinggi. Cara tersebut akan sangat berguna untuk meningkatkan penghasilan Adsense secara signifikan. Nah, kali ini Admin akan berikan tools SEO gratis yang ampuh untuk meningkatkan visitor blog/web yang Anda kelola.

Baca Juga: Cara Riset Keyword dengan CPC Adsense Tinggi
Dalam menentukan sebuah judul artikel yang SEO Friendly sebenarnya cukup mudah. Namun diperlukan banyak riset dan analisis yang harus dilakukan untuk bisa menempati posisi teratas di google search engine.

Beberapa situs besar rela merogok kocek cukup besar untuk berinvestasi pada SEO tools. Memang tak dipungkiri bahwa pengguna SEO tools yang berbayar dapat mengakses fitur-fitur premium secara penuh.

Namun bagi Anda pecinta gratisan seperti mimin, tak perlu berkecil hati. Sebab, ada begitu banyak SEO tools gratis yang tersedia di internet. Dengan memanfaatkan SEO tools gratis ini, Anda pun memiliki kesempatan untuk bersaing di halaman pertama google.

9 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword


Berikut ini beberapa SEO tools gratis yang wajib Anda coba. Silakan Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa diantaranya.

#1. Google Keyword Planner
SEO Tools Gratis Terbaik Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah bagian dari platform iklan milik google. Fungsi utama layanan ini sebenarnya untuk mencari dan menganalisis keyword yang tepat untuk iklan. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan Keyword Planner ini sebagai SEO tools gratis.

Keyword planner ini menjadi SEO tool gratis favorit banyak orang. Karena, sebagai platform milik google, keyword planner memiliki akses data kata kunci pencarian yang lengkap, sehingga tingkat akurasi riset keywordnya sangat baik.

Selain itu, Google Keyword Planner yang di desain khusus untuk bisnis, sehingga Anda bisa mendapatkan insight yang mendukung konversi rate untuk meningkat. Hal ini akan sangat berharga jika Anda menerapkan strategi konten marketing untuk bisnis.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan dari Google Keyword Planner:
  • Jumlah volume dan tren keyword di mesin pencari;
  • Referensi keyword dari gabungan kata, kategori produk, ataupun URL website;
  • Estimasi biaya beriklan di Google Ads, performa keyword, serta jumlah klik;
  • List ide keyword dari kombinasi beberapa keyword.

Namun perlu diingat bahwa data yang ditampilkan keyword planner hanya mencakup paid search (pencarian berbayar). Ketika Anda menggunakannya untuk memprediksi tingkat persaingan kata kunci, data yang ditampilkan hanya memuat persaingan antara pengguna keyword planner itu sendiri.

Dengan kata lain, keyword planner tidak bisa menunjukkan tingkat persaingan kata kunci secara akurat. Karenanya, lebih baik Anda tidak menjadikan keyword planner sebagai satu-satunya SEO tools gratis.

#2. Google Search Console
SEO Tools Gratis Terbaik Google Search Console

Masih dari platform milik Google. Anda bisa memanfaatkan Google Search Console untuk memantau web, menjaga performanya, serta mengatasi masalah web yang berhubungan hasil pencarian di google.

Singkatnya, berikut ini beberapa hal yang Anda dapatkan dari Google Search Console:
  • Memonitor proses crawling bot google pada website;
  • Melihat trafik pencarian kata kunci di Google. Termasuk di dalamnya melihat kata kunci efektif pada website;
  • Memperlihatkan masalah AMP, versi website pada ponsel, dan fitur pencarian lainnya;
  • Memperbaiki masalah indeksasi dan menjadi media untuk meminta permohonan indeksasi ulang web;
  • Menunjukkan website mana saja yang memuat link menuju web Anda (backlink);
  • Menerima peringatan ketika terdapat aktivitas kurang wajar pada website.

Jika Anda perhatikan daftar di atas, riset keyword merupakan bagian kecil dari kegunaan Google Search Console. Namun bukan berarti fitur pencarian keyword tidak berarti apa-apa. Justru inilah keunikannya.

Dengan google search console, Anda akan mengetahui bagaimana performa keyword yang Anda gunakan di web. Inilah bekal penting bagi Anda untuk melakukan optimasi SEO on-page.

Caranya cukup gampang. Jika sudah menambahkan website ke google search console, Anda tinggal buka dan klik menu Performance. Selanjutnya, Anda akan melihat grafik performa web di hasil pencarian google. Selengkapnya, grafik ini memuat angka jumlah klik ke website, CTR, impresi, serta rata-rata ranking di hasil pencarian.

Nah inilah kuncinya, silakan Anda scroll ke bawah, lalu klik tab Queries dan perhatikan kata kunci apa saja yang muncul. Itulah keyword yang perlu dijadikan amunisi untuk optimasi artikel web Anda. Silakan update artikel yang telah Anda buat sebelumnya dengan menyisipkan kata kunci ke elemen yang strategis seperti headings, nama file gambar, alt text, serta isi artikel itu sendiri.

#3. Google Search Engine
SEO Tools Gratis Terbaik Google Search Engine

Sadarkah Anda ketika mengetikkan satu atau dua kata kunci di mesin pencari google dan kemudian diberikan saran keyword seperti ditampilkan pada gambar di atas. Google search engine pun bisa Anda manfaatkan untuk riset keyword gratis. Caranya pun cukup mudah dan sederhana.

Dengan menggunakannya dalam mode incognito/guest window saja, google mampu membantu Anda untuk mencari kata kunci utama maupun turunan secara akurat. Ketika Anda menggunakan mode biasa pada browser, keyword yang ditampilkan akan dipengaruhi oleh riwayat pencarian browser Anda. Artinya, kata kunci yang dihasilkan tidak seakurat yang diharapkan tentunya.

Cara sederhananya, cukup dengan memasukkan kata kunci yang ditargetkan dan tunggu google merekomendasikan kata kunci turunannya, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Atau dengan cara memasukkan kata kunci dan melihat hasil pencariannya. Kemudian, scroll ke bawah untuk melihat rekomendasi keyword lainnya. Tentu saja ini jauh lebih mudah dan praktis dari SEO tools lainnya.

#4. Ubersuggest
SEO Tools Gratis Terbaik Ubersuggest

Untuk ukuran keyword tool SEO gratis, Ubersuggest memberikan fitur yang terbilang cukup lengkap, seperti rekomendasi keywords, overview performa domain, laporan efektivitas SEO per halaman, data backlink, serta ide-ide konten lainnya.

Selain itu, tool gratis ini juga sangat user friendly dengan interface yang ramah dan intuitif. Dengan begitu Anda akan cepat mengerti cara kerja tool gratis ini.

Karena memiliki fitur yang sangat banyak, disini Admin hanya akan membahas fitur-fitur Ubersuggest yang berkaitan dengan riset keyword saja. Ada tiga fitur yang bisa Anda manfaatkan, diantaranya:

Keyword Ideas
Fitur ini membantu Anda mendapatkan ide keywordsstrategis untuk web/blog. Caranya cukup gampang, Anda tinggal masukkan kata kunci yang ditargetkan pada kolom yang disediakan. Kemudian, ubah setingan bahasa ke target yang diinginkan.

Selanjutnya ubersuggest akan menyajikan daftar rekomendasi keyword. Setiap keyword yang direkomendasikan, lengkap dengan data volume pencarian, kompetisi keyword, CPC, serta kompetisi keyword secara SEO.

Ketika Anda memilih salah satu rekomendasi keyword yang diberikan, maka ubersuggest akan menampilkan daftar kata kunci overview. Disinilah memuat seratus besar website yang memuat keyword sesuai target. Disamping itu, daftar ini pun lengkap dengan jumlah estimasi visitor web per bulan, domain score, backlink, serta jumlah share di sosmed.

Seluruh data yang disajikan masih dapat dikustomisasi. Lihat pada data kata kunci yang persis dimasukkan di tab suggestions. Kemudian, dapat pula melihat rekomendasi keyword pada tab related. Selanjutnya untuk opsi yang terakhir biasanya memuat kata kunci rekomendasi populer dan tingkat persaingan tinggi.

Content Ideas
Cara kerja fitur content ideas ini masih mirip dengan keyword ideas. Masukkan keyword yang dicari, kemudian ubersugest akan mencarikan konten yang memuat kata kunci di judul dan komponen URL.

Terdapat pula data estimasi jumlah visitor, backlink, serta sosial share di Pinterest dan Facebook yang bisa Anda lihat. Semua konten yang ada pada daftar juga bisa dibuka dan Anda bisa membandingkan konten seperti apa yang dibuat oleh kompetitor Anda.

Keywords
Pada fitur keywords ini, Anda dapat menemukan kata kunci apa yang digunakan kompetitor, lengkap dengan data berupa volume, estimasi visitor, ranking di search engine, serta angka SEO difficulty.

Selain itu, disajikan pula keyword overview untuk masing-masing kata kunci. Ubersuggest akan memuat website terbaik yang menggunakan keyword serupa. Lalu, Anda dapat membandingkan seberapa efektivitas dan performa keyword tersebut ketika dipakai pada web kompetitor.

#5. WordStream
SEO Tools Gratis Terbaik WordStream

Banyak marketer di seluruh dunia menggunakan WordStream untuk menjalankan online marketing. WordStream menawarkan berbagai software khusus untuk para marketer di berbagai level. Termasuk juga software untuk bisnis skala kecil dan menengah, ecommerce, serta agensi.

Misalnya saja software yang dikhususkan untuk bisnis UKM, memiliki fitur seperti memonitor progres pembuatan kampanye iklan, laporan performa iklan, serta optimasi. Sedangkan software yang diperuntukkan bagi agensi juga berbeda. Optimasi dan manajemen budget untuk tiap kampanye iklan.

Terlepas dari beberapa layanan canggih tersebut , WordStream juga menawarkan 6 jenis layanan gratis yang bisa Anda manfaatkan, diantaranya:
  • Facebook Ads Performance Grade;
  • Facebook Opportunity Calculator;
  • Google Ads Performance Grade;
  • AdWords Landing Page Grade;
  • Smart Ads Creator;
  • Free Keyword Tool.

Nah, kali ini admin akan membahas "Free Keyword Tool" yang ditawarkan WordStream. Pada dasarnya prinsip kerja fitur ini seperti SEO tools lainnya. Wajib memasukkan keyword atau URL di kolom yang tersedia, atau dengan menambahkan cakupan negara serta industri yang dituju (opsional).

Setelah itu, WordStream akan menyajikan daftar rekomendasi keyword lengkap dengan search volume-nya. Namun untuk melihat data berisi opportunity score, CPC, dan tingkat kompetisi keywords harus membuka akun free trial.

#6. Wordtracker
SEO Tools Gratis Terbaik Wordtracker

SEO tool berikutnya adalah Wordtracker yang merangkap sebagai market research tool. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keyword untuk SEO sekaligus keyword iklan berbasis pay per click (PPC).

Ketika Anda mulai menjajal Wordtracker secara langsung, jangan kaget karena Anda akan menemukan banyak sekali fitur menarik yang ditawarkan. Tak hanya tampilan yang bersih dan user friendly, opsi tampilan datanya pun cukup beragam.

Berikut fitur-fitur yang ditawarkan Wordtracker yang tidak dimiliki oleh Google Keyword Planner:
  • Akses keyword original (tidak digroup atau disederhanakan oleh Google);
  • Tersedia live chat dengan customer service (CS);
  • Statistik kompetisi SEO;
  • Perbandingan hasil SERP;
  • Pencarian keyword sekunder/related keyword;
  • Pencarian keyword berkonotasi negatif;
  • Opsi pencarian keyword untuk Google, Amazon, YouTube, dan Ebay.

Tak cukup sampai disitu, Wordtracker juga memberikan 10K rekomendasi keyword untuk setiap entri yang dimasukkan, dan juga pengaturan secara manual kata apa yang ingin atau tidak dimasukkan dalam riset keyword.

#7. Keywordtool.io
SEO Tools Gratis Terbaik Keywordtool.io

SEO tool gratis yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mencari "Long Tail Keyword". Sudah terbukti bahwa long tail keyword cukup ampuh untuk mendongkrak trafik secara SEO. Sebab, keyword seperti ini biasanya memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah.

Kelebihan lain dari Keywordtool.io ini tak hanya menyediakan platform pencarian keyword untukdi google saja. Opsi riset keyword untuk 7 medium lainnya pun tersedia, seperti YouTube, Twitter, Instagram, PlayStore, Amazon, Ebay, dan Blog.

Selain pilihan medium yang terbilang cukup lengkap, opsi lokasi dan bahasa pun disediakan dalam tool gratis ini. Bahkan pada opsi bahasa untuk sebuah negara tak hanya sebatas satu saja. Misalnya saja Indonesia, dimana pilihan bahasanya mencakup bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Bali, serta bahasa Inggris.

Bukan sekedar opsi dan fitur abal-abal. Keseluruhan opsi dan fitur tersebut juga diimbangi dengan hasil pencarian kata kunci yang mumpuni. Keyword tool ini akan merekomendasikan kurang lebih 750 long tail keyword untuk tiap satu entri keyword.

Jadi keyword tool yang satu ini bisa Anda andalkan, terutama untuk mencari long tail keyword. Selain itu, platform ini juga sangat ringan dan cepat untuk digunakan, sehingga hampir seluruh layanannya selalu dapat digunakan.

Memang, untuk melihat data secara lengkap, Anda perlu berlangganan Keyword Tool Pro. Tapi menurut Admin, jika kebutuhan Anda masih cukup sederhana, fitur gratis yang diberikan sudah lebih dari cukup.

#8. LSI Keywords
SEO Tools Gratis Terbaik LSI Keywords

Keyword utama ataupun sekunder tidak selalu menjadi acuan dalam melakukan riset keyword. Bahkan google pun mempertimbangkan kata-kata yang cukup berhubungan. Beginilah cara google mengetahui bahwa artikel yang Anda tulis relevan atau tidak untuk pengnjung.

Meski terkesan seperti sinonim, namun untuk menentukan kata-kata yang dimaksud juga memerlukan data. Karena itulah Admin merekomendasikan SEO tool gratis yang satu ini, yaitu; LSI Keywords.

Dengan SEO tool gratis ini, Anda diperbolehkan mencari LSI keyword berdasarkan kata kunci utama serta topik yang masih berhubungan dengan artikel. Agar rekomendasi yang akan ditampilkan lebih akurat, Anda boleh mengisi hingga 10 kata kunci yang diinginkan sekaligus.

Selanjutnya, barulah Anda mendapatkan sederet rekomendasi keywords, lengkap beserta jumlah pencarian perbulan, tingkat kompetisi SEO, dan rate CPC. Tidak seperti konsep keyword utama yang bertujuan untuk ranking, hasil rekomendasi LSI keyword ini digunakan untuk memperkuat relevansi antara artikel yang Anda tulis dengan search intent yang lebih luwes.

#9. KWFinder
SEO Tools Gratis Terbaik KWFinder

SEO bukanlah rocket science. Setidaknya itulah yang dipikirkan KWFinder. Admin pun setuju dengan itu. Anda tidak harus menjadi seorang ahli untuk tahu bagaimana seluk-beluk cara kerja SEO, serta bagaimana sebuah web/blog bisa menempati posisi teratas di mesin pencarian.

Menurut KWFinder. Cukup dengan menembak kata kunci yang pas, maka web/blog Anda bisa menempati rank yang bagus di mesin pencari. Lebih tepatnya keyword dengan persaingan rendah namun memiliki volume pencarian yang cukup tinggi. Cukup berbekal prinsip ini saja, seorang pemula dalam dunia SEO sekalipun akan langsung memahami apa yang dibutuhkan dalam riset keyword.

KWFinder dibuat serta ditujukan untuk segmen pemula. Sebab, jika dibandingkan dengan keyword tool gratis lainnya. KWFinder memiliki tampilan halaman yang benar-benar cocok untuk pemula, semua data yang terlampir di halaman juga terasa lebih ramah dan user friendly banget.

Pada dasarnya, cara kerja KWFinder sama dengan SEO tool lainnya. Anda tinggal memasukkan keyword target atau domain, lokasi target, dan bahasa. Setelah itu, KWFinder otomatis akan memproses keyword tersebut. Maka, Anda akan disuguhkan halaman dengan dua pembagian kolom utama.

Kolom sebelah kiri, menampilkan list rekomendasi kata kunci lengkap beserta volume pencarian, tren penggunaannya dalam 12 bulan terakhir, rate CPC dan PPC, serta tingkat persaingan keyword. Sedangkan di kolom kanan, menampilkan performa SERP kata kunci yang dimasukkan. Website dengan ranking teratas akan dianalisis angka DA, PA, backlink, trust flows, citation flows, sosial share di fb, link profile strength, serta estimasi pengunjung per bulan.

Pilih Keyword Tool Gratis Terbaik menurut Anda


Seperti yang telah Admin ulas di atas. Masing-masing tools memiliki fitur unggulan dan kekurangan. Tinggal pilih ingin menggunakan yang mana menurut Anda gampang dan sederhana, atau yang lengkap beserta jumlah volume persaingan dan nilai CPC keyword yang ditargetkan.

Baca Juga: 215 List High Paying Keywords Google Adsense
Menurut Admin, gunakanlah tool seperlunya saja, tidak perlu memusingkan diri berlama-lama mencari keyword. Setelah menemukan keyword yang pas, lanjut saja dipraktekkan dengan menulis artikel yang baik dan SEO. Semoga informasi ini bermanfaat untuk meningkatkan visitor web/blog Anda. Selamat mencoba.

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi GitaJiwa

Tambahkan aplikasi GitaJiwa di smartphone tanpa install, buka GitaJiwa dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi GitaJiwa dari layar utama smartphone Anda.