7 Tips Ampuh Mengatasi Lag Saat Main Game Mobile Legends

Mengatasi Lag di Mobile Legends

Beberapa tahun trakhir ini, game mobile legends masih banyak diminati para mobile gamers di tanah air. Mengalami lag saat bermain game mobile legends adalah hal yang sangat menjengkelkan tentunya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Admin ingin berbagi tips mengatasi lag saat bermain game mobile legends.

Bagi player ML, pasti pernah mengalami lag saat seru-serunya war. Tak sedikit yang sampai emosi bahkan sampai membanting HP_nya. Padahal pada dasarnya kita bermain game hanya untuk bersenang-senang saja. Tapi bisa bikin pusing kalo bermain game MOBA seperti Mobile Legends, lalu jaringan ataupun Hp Anda mengalami lag parah, dan ketika game kembali normal, Anda menemukan Hero Anda telah tewas dibasmi musuh. Pasti nyesek banget kan.

Mengingat game MOBA seperti Mobile Legends sangat bergantung pada kekompakan tim. Jika Anda menglami lag saat bermain, tentu Anda tidak bisa menikmati permainan dan akan merugikan teman satu tim. Lalu, bagaimana cara mengatasi lag saat bermain game Mobile Legends ? Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends


1. Aktifkan Speed Mode di Pengaturan Mobile Legends
Untuk mengatasi lag saat bermain game mobile legends, Anda bisa mengaktifkan Speed Mode yang ada dalam menu setting game mobile legends. Namun perlu Anda ketahui, jika mengaktifkan mode ini maka penggunaan data saat bermain game mobile legends menjadi 2x lebih boros.

Berikut cara mengaktifkan speed mode di menu setting mobile legends:
  • Pertama-tama login ke game mobile legends;
  • Setelah Anda berada di loby, klik pada icon gear (setting) pada pojok kanan atas;
  • Pada Tab "Basics", scroll kebawah hingga Anda menemukan "Network Settings", lalu pencet "ON" untuk mengaktifkan speed mode, seperti gambar di bawah ini;

Setting Speed Mode Mobile Legends

2. Bersihkan RAM
Membersihkan RAM dari Aplikasi yang tidak Anda gunakan merupakan langkah yang baik untuk mengurangi terjadinya lag saat bermain game mobile legends. Cara memebersihkan RAM sangat mudah. Terlebih Hp jaman sekarang biasanya sudah dibekali fitur pembersih RAM.

Jika Hp Anda tidak memiliki fitur pembersih RAM, atau kurang puas dengan pembersih RAM bawaan Hp, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh dari PlayStore. Beberapa aplikasi pembersih RAM yang Admin rekomendasikan, diantaranya; Nox Cleaner, Clean Master, CCleaner.

Aplikasi-aplikasi seperti di atas sangat membantu untuk membersihkan RAM dan data chace sehingga performa Hp Anda lebih maksimal untuk bermain game mobile legends.

3. Menggunakan Game Booster
Tips lain untuk mengatasi lag saat bermain mobile legends adalah dengan menggunakan bantuan game booster. Aplikasi ini sangat berguna untuk memaksimalkan performa Hp Anda ketika bermain game.

Seperti halnya pembersih RAM, menggunakan game booster juga sangat berguna untuk mengatasi lag. Pada hp tertentu sudah ada yang memiliki fitur game booster. Namun jika Hp Anda belum punya fitur tersebut, Anda bisa mengunduh game booster via PlayStore.

Salah satu aplikasi game booster yang Admin rekomendasikan adalah "Game Booster: Play Games Faster & Smoother". Aplikasi ini bisa diunduh langsung dari Playstore.

4. Gunakan Jaringan 4G atau Wifi
Salah satu penyebab terjadinya lag saat bermain game mobile legends adalah jaringan yang tidak stabil. Sebagus dan sekuat apapun Hp yang digunakan, tapi jika jaringan tidak stabil maka game akan tetap nglag.

Untuk mengatasi lag karena jaringan yang tidak stabil, Admin sarankan untuk menggunakan Wifi atau jika tidak bisa mengakses wifi, Adnda bisa menggunakan koneksi 4G.

Masalah lag akibat jaringan memang cukup kompleks. Terkadang jaringan internet yang kita gunakan lancar-lancar saja, tapi server game mobile legends yang tidak stabil.

Jika Anda menemukan hal seperti ini, sebaiknya Anda off dulu dan tidak bermain game mobile legends, daripada Anda paksakan main dan mengalami lag dalam game mobile legends, itu tidak hanya merugikan diri sendiri melainkan merugikan teman satu tim juga.

5. Setting grafik ke Low
Saat ini kualitas grafik game mobile legends semakin baik. Namun hal tersebut tentunya berbanding lurus dengan pemakaian RAM saat memainkannya. Jika Anda menggunakan Hp dengan RAM 2gb, GPU dan Processor yang pas-pasan, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami lag.

Oleh karena itu, untuk mengatasi terjadinya lag saat bermain game mobile legends yakni dengan mengubah kualitas grafik ke Low di bagian pengaturan game mobile legends.

Berikut cara mengubah kualitas grafik menjadi Low di game ML:
  • Pertama-tama buka game Mobile Legends;
  • Selanjutnya, klik icon gear (pengaturan) pada pojok kanan atas, Pada Tab "Basics", Anda bisa melihat beberapa pilihan "Graphics", seperti gambar di bawah ini;

    Setting grafik ke low

  • Terakhir, silakan Anda ceklist pada opsi grafik "Low" seperti gambar di atas.

6. Jangan Main Sambil Nge-Cas
Bermain game mobile legends sambil mengisi daya baterai akan membuat Hp Anda cepat panas. Ketika Hp dalam kondisi panas tentu performa Hp menjadi turun. Sehingga menyebabkan terjadinya lag saat bermain game mobile legends.

Karena itu, hindarilah bermain sambil mengecas Hp. Hal ini juga baik untuk kesehatan Anda, sebab jika memaksakan diri bermain game terus-menerus bisa mengganggu kesehatan. Pihak mobile legends pun menyarankan kita untuk bermain game MLBB secukupnya saja. Jadi kalo baterai Hp sudah mau habis, ya istirahat saja dulu dan Cas Hp Anda sampe penuh.

7. Upgrade Gadget
Solusi terakhir yang bisa Admin rekomendasikan jika Tips di atas tidak mempan yaitu meng-upgrade gadget alias menggani Hp Anda dengan spek yang lebih tinggi. Carilah Hp dengan RAM minimal 4Gb. Saat ini banyak sekali pilihan gadget dengan RAM 4gb, harganya pun cukup murah dan terjangkau.

Makin hari game mobile legends terus diperbarui, sehingga kebutuhan RAM semakin meningkat. Jadi Admin sangat merekomendasikan Anda untuk upgrade gadget jika ingin bermain game mobile legends dengan lancar.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya lag saat bermain game MLBB, seperti spek Hp yang tidak kuat, jaringan internet, ataupun server game yang mengalami down. Bagi teman-teman yang masih menggunakan Hp dengan RAM 2Gb, silakan bisa mencoba Tips di atas. Jika masalah lag disebabkan oleh jaringan internet Anda, coba cek kekuatan sinyal dan usahakan untuk menggunakan jaringan 4G, atau beralih ke wifi.

Nah, itulah beberapa Tips Mengatasi Lag Saat Main Game Mobile Legends. Semoga bisa membantu teman-teman yang masih mengalami lag saat bermain game Mobile Legends.

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi GitaJiwa

Tambahkan aplikasi GitaJiwa di smartphone tanpa install, buka GitaJiwa dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi GitaJiwa dari layar utama smartphone Anda.